Saatnya Mengoptimalkan Performa Blog

Saatnya Mengoptimalkan Performa Blog

Posted by Jane Reggievia on 2020-08-05T11:56:00.001+07:00

Belakangan aku cukup sering memikirkan performa blog ini. I'm taking this blog seriously, tapi nggak seserius sampai harus rutin memantau angka Alexa Rank, Google Analytics dan lainnya. Masih lebih sering ngecek angka DA/PA (selalu stabil di angka 17-18 which okay for me) walau kurang paham juga, sih, kenapa harus dicek 😂

Kalau SEO dikit-dikit dijalani karena pengen lebih enak aja ngeblognya, supaya nggak terlalu asal-asalan juga, kan. Misalnya, dengan mulai menghindari penempatan link pada anchor text macam "di sini" ke kalimat yang lebih spesifik. Atau memilih judul yang SEO friendly, contohnya tulisan hari ini awalnya ingin diberi judul "under construction", tapi kok sayang, ya, kalau judulnya begitu doang *wiii mendadak SEO snob yee anda 🤭*

Bagi teman-teman atau blogger di luar sana yang memonetasi atau mencari uang dari blog, memantau sebagian kecil dari hal-hal yang kusebutkan di atas tentu sebuah keharusan. Karena performa blog amat sangat penting bagi klien yang ingin bekerja sama dengan blogger. Makanya, aku paham sekaliii kalau beberapa teman di luar sana yang sangaaaaat detil dengan hal ini. 

Terus, kenapa tiba-tiba lo pengen ngurusin performa blog ini? 

Jadi ceritanya begini. 

Bulan lalu, aku iseng memantau Google Analytics dan menemukan angka bounce rate yang cukup menganggu. Setelah ditelusuri, ternyata disebabkan broken link yang tersebar di blog. Akhirnya aku mencoba untuk memeriksa beberapa postingan setahun belakangan ini (karena kalau dicek semuanya hamba lelah donggg) dan memang cukup ditemukan banyak link mati. Setelah itu, angka bounce rate mulai menurun dan aku bisa bernafas lega. 

Keisengan berlanjut saat aku memerika Alexa Rank. Fyi, aku belum pernah ngecek performa blog melalui si Alexa ini. Harapanku, sih, angkanya memuaskan. Yaaa, mungkin nggak ramping, gendut dikit gapapa deh kayak berat badan gue yang susah beneurrr turun sejak lahiran empat tahun yang lalu (lah mbaknya curhat?!) 

Dan saat aku memasukkan link blog di situs Alexa, tampaklah angka yang membuatku tercengang. 

KOK ANGKANYA JELEK?? TT________TT

Niatnya iseng ngecek berakhir kalang kabut mencari bala bantuan untuk segera merampingkan angka Alexa. Ternyata nggak cuma pemiliknya aja, sampai blognya pun harus program diet ketat! 

Bolak balik ke situs para mastah, akhirnya aku menemukan jawaban di blog Febriyan Lukito dalam pembahasannya tentang kesalahan SEO, salah satunya... coba tebak apa? Lagi-lagi perkara broken link! 

Karena nggak mungkin rasanya ngecek satu per satu postingan yang ada, thank goodness for broken link checker, di mana di situs ini kita bisa langsung mendapatkan laporan lengkap tentang semua daftar link mati yang ada di blog. Butuh beberapa menit sampai daftarnya muncul sampai akhir. Begitu jumlah broken link yang muncul mencapai angka 100, aku mendadak ingin pingsan kembali. 

Jangan sedih, total akhirnya dua ratussss lapan puluh lapan link mati, sodara-sodara!

Gara-gara ini aku jadi mikir, busyettt ternyata gue hobi beneurrr naroh link di blog. Zzzzzz. 

Belum lagi kebanyakan link mati yang ada di blog ini, bersumber pada foto-foto di postingan lama yang masih menggunakan Photobucket. Dilema antara hapus aja postingannya, kemudian diedit menjadi tulisan baru (repurpose content ceritanya) atau ya reupload atu-atu *mendadak keringet dingin*

Selain broken link, sebenarnya ada banyak yang bisa diperhatikan lebih lanjut jika teman-teman ingin memperbaiki atau meningkatkan performa blog. Lepas dari tujuan apapun yang kita punya saat blogging, nggak ada salahnya juga untuk mempercantik 'rumah' online kita supaya tetap semangat dan pengunjung yang datang semakin betah. 

Berikut ada beberapa poin blog health check-up yang aku kumpulkan sendiri dari berbagai tips yang dibagikan oleh Carolina Ratri, Febriyan Lukito dan Ewafebri (kalian keren!). Semoga membantu kalian yang membutuhkan, ya! 

✔ Menulis dengan alur yang nyaman


Menurut Mba Carra, menulis dengan nyaman bisa menurunkan tingkat bounce rate, yang mana ini titik mula permasalahan blog ini. Ketika pembaca nyaman saat membaca tulisan kita, otomatis mereka akan betah menghabiskan waktu lebih lama dengan membaca tulisan-tulisan lainnya. Apalagi kalo tipenya seperti aku yang kalau udah naksir dengan satu blog, pasti akan wandering around dari postingan paling lama ke paling baru, hahahaha. 

Tulisan yang enak dibaca, secara nggak langsung memberikan perasaan nyaman juga untuk pembaca. Coba bayangkan kalau kita nemu tulisan yang m0d3lnYa s3pErTi iNi atau muter-muter nggak jelas intinya, pasti pengennya tutup window aja, kan? 😔

✔ Penempatan link dan memperbaiki broken link


Jangan sampai panen broken link kayak aku, bebenahnya setengah mati, huhuhu. Untuk lengkapnya tentang apa dampak dan cara memperbaiki broken link dan juga penempatan link yang baik seperti apa, bisa dilihat di blognya Mba Ewa, ya. 

✔ Apakah tujuan ngeblog sudah tercapai? 


Menurut Mas Febriyan, beda tujuan beda juga cara optimalisasi isi blog kita. Lah iya, bener juga ya? Kenapa aku nggak pernah ngeh sebelumnya? 

Tujuan ngeblog sampai hari ini, masih karena ingin berbagi pengalaman hidup dan informasi tentang hal-hal yang aku suka, seperti kafe/tempat makan favorit, tontonan atau buku apa yang menarik dan lainnya yang bisa kalian temukan di kategori Favorite Things (monggo cek navigasi paling atas, udah ada drop down menu lho sekarang *apaan sih* 😂). Maka demikian, aku harus memastikan sharing yang dibagikan nggak merugikan pihak mana pun dan informasi relevan bagi pembaca. 

✔ Konsisten ngeblog 


Dari sekian banyak tips blogging yang aku baca, para suhu sepakat bahwa untuk meningkatkan performa blog secara keseluruhan, konsisten adalah sebuah koentji. 

Konsiten update tulisan, konsisten mengulas topik yang sesuai tujuan, konsisten menerapkan SEO dan sebagainya. 

Poin-poin yang kubagikan di atas hanya permukaan aja, sih. Kalau ingin membenahi blog besar-besaran, mungkin lebih banyak lagi yang harus diperhatikan. Untuk saat ini, aku cukup fokus dengan memperbaiki broken links dan foto-foto yang harus reupload. Jadi kalau akunya agak-agak absen di sini, mohon maaf yaa huhuhu mudah-mudahan, sih, tetap bisa sambilan ngisi blog juga. We'll see.  

Sebelumnya, aku butuh beberapa feedback dari teman-teman nih: 
  • Bagaimana pengalaman teman-teman saat membuka Jane From The Blog: apakah kecepatannya cukup oke atau lambat? Apakah harus di-refresh dulu supaya gambar muncul? Biasanya lebih sering blogwalking dengan device apa? Coba dijabarkan sedetil mungkin, ya. 
  • Kira-kira apa yang bisa dibenahi dari blog ini? Apakah ada konten spesifik yang ingin kalian baca di sini? 😊
Saran dan kritik dari teman-teman akan sangat sangat membantu dalam meningkatkan performa blog ini. Aku ingin sekali blog ini nggak hanya menjadi tempat curhat atau menyimpan memoriku pribadi, tapi juga menjadi tempat singgah kalian yang nyaman ✌

***
Adakah teman-teman yang di sini rajin membenahi isi blog sendiri? Ceritakan pengalaman kalian, ya!